Tanda-Tanda Hamil Yang Harus Diketahui

Tanda-tanda hamil memang penting sekali untuk dipahami setiap wanita yang terkadang jarang disadari di awal kehamilan. Terlebih lagi saat awal hamil muda banyak wanita yang kurang menyadari bahwa dirinya sedang hamil muda. Hal ini berisiko terhada kesehatan janin dalam kandungan yang kurang mendapatkan perhatian terutama asupan nutrisi.

Pahami semua tanda yang muncul sejak awal kehamilan mulai dari awal telat datang bulan dan tanda lainnya yang menyertai kehamilan muda setiap wanita. Jangan sampai karena Anda tidak paham dengan tanda tanda kehamilan mengakibatkan kondisi kehamilan terganggu dan janin tidak berkembang dengan baik. Bahkan hal ini cukup berisiko terhadap kesehatan janin dan ibu hamil.

Di awal kehamilan memang tidak ada ciri fisik yang terlalu nampak sehingga tidak mengherankan jika tanda awal kehamilan ini tidak begitu dipahami oleh kebanyakan wanita. Maka dari itu pahami setiap tanda kehamilan awal dan jaga kehamilan dengan baik agar bisa berkembang dan tumbuh dengan seharusnya sesuai usia kehamilan.

Jika Anda pertama kali hamil maka perbanyaka pengetahuan dan informasi seputar kehamilan agar bisa menjalani kehamilan dengan menyenangkan. Menjaga kehamilan dengan baik dan benar untuk kesehatan calon buah hati dalam kandungan. Berikan yang terbaik untuk janin dengan menyadari kehadirannya sejak awal kehamilan.

 

Tanda Tanda Hamil Saat Telat Haid

Seperti yang kita ketahui bahwa tanda tanda hamil memang banyak sekali. Misalnya saja tanda tanda hamil sebelum dan sesudah telat haid ada beberapa gejala yang menyertainya. Nah, langsung saja simak berikut ini beberapa tanda dan gejala hamil saat telat haid!

  • Tubuh Mudah Lelah

Tanda yang pertama dirasakan oleh wanita awal hamil adalah tubuh terasa sangat lelah dan bahkan mudah lelah meskipun hanya melakukan aktivitas biasa saja. Mengapa hal ini terjadi? Produksi hormon progesteron yang mengalami peningkatan di dalam tubuh tentu saja mempengaruhi sistem metabolisme sehingga mengakibatkan tubuh mudah mengalami kelelahan.

  • Kepala Mudah Pusing

Selain lelah, ada gejala yang menyertainya yaitu pusing. Hal ini terjadi akibat menurunnya tekanan darah sehingga mengakibatkan terjadinya penyempitan di bagian pembuluh darah dan pasokan darah ke bagian kepala menjadi lambat.

  • Mual dan Muntah

Hal ini memang lumrah terjadi pada ibu hamil di awal kehamilan. Mual dan munath terjadi sering di pagi hari. Produksi hormon meningkat mengakibatkan produksi asam lambung juga tidak stabil sehingga dampaknya terjadi mual dan muntah. Jaga kesehatan Anda dengan menerapkan jadwal makan lebih sering dengan porsi kecil.

  • Keluar Bercak Darah

Flek atau bercak darah yang keluar dari dalam vagina tentu saja bukan darah haid meskipun sebagian wanitan menyangka semua itu adalah darah haid dan tanpa disadari bahwa itu sedang awal mula hamil. Munculnya flek karena di dalam rahim terjadi proses pembuahan dan embrio yang akan mulai melekat pada dinding rahim.

  • Nafsu Makan Menurun

Di awal kehamilan memang mempengaruhi nafsu makan yang berkurang secara drastis. Bahkan cenderung tidak mau makan karena mulut terasa pahit dan mual. Peningkatan hormon kehamilan inilah yang seringkali menyebabkan hal tersebut.

  • Perubahan Pada Payudara

Adanya peningkatan hormon kehamilan juga memberikan pengaruh pada bagian payudara yang menajdi lebih sensitif, padat dan bahkan kencang sehingga sakit saat disentuh. Selain itu di area puting akan lebih menonjol dan berwarna lebih gelap.

 

Tanda Tanda Hamil Muda 1 Minggu

Tanda tanda hamil muda 1 minggu tentunya tidakĀ  jauh beda dengan tanda setelah telat haid yang telah disebutkan diatas. Pada awal kehamilan semua tanda kehamilan memang berlangsung lama dalam beberapa minggu hingga mulai masuk trimester kedua maka semua tanda awal kehamilan akan mulai perlahan hilang. Berikut beberapa tanda hamil 1 minggu!

  • Kram Perut

Tanda pertama yang dirasakan di usia kehamilan 1 minggu adalah keram di bagian perut. Tanda ini memang hampir mirip dengan tanda akan datang bulan atau haid. Keram di perut ini memang tidak membahayakan jika intensitas dan durasinya masih normal. Proses pembuahan dan melekatnya embrio pada dinding rahim tentu saja membuat rasa sakit.

  • Mual

Mual dan muntah adalah tanda awal kehamilan yang akan terus berlangsung hingga memasuki trimester kedua. Peningkatan produksi hormon kehamilan yang mempengaruhi produksi asam lambung yang mengakibatkan mual dan muntah terjadi di awal kehamilan.

  • Keputihan Disertai Bercak / Flek darah

Keputihan di awal kehamilan seperti halnya keputihan menjelang mentruasi. Dalam hal ini keputihan akan bercampur dengan flek darah. Jangan khawatir sebab hal ini normal dan pastikan tidak berbau atau gatal. Sebab jika disertai gatal atau berbau busuk maka perlu diwaspadai. Keputihan di awal kehamilan ini terjadi akibat produksi hormon meningkat yang menstimulus produksi lendir vagina berlebihan.

Tanda Tanda Hamil Anak Laki Laki

Memahami tanda tanda hamil muda atau awal hamil memang penting sekali. Selanjutnya kita mengetahui mengenai tanda tanda hamil anak laki-laki yang secara sederhana ada perbedaan dengan hamil anak perempuan. Berikut ini tanda tandanya!

Morning Sickness Biasa Saja

Ciri atau tanda hamil anak laki-laki yang pertama adalah gejala morning sickness yang dialami oleh ibu hamil tentu saja tidak sering. Banyak yang mengatakan bahwa gejala seperti ini sedang mengandung anak laki-laki.

Detak Jantung

Bahkan detak jantung bisa menjadi salah satu ciri bahwa Anda sedang mengandung anak laki-laki. Jika denyut atau detak jantung Anda masih di bawah angka 140 per menit maka hal ini dipastikan mengandung anak laki-laki.

Posisi Perut

Dari posisi perut yang menurun hal ini menandakan bahwa Anda sedang mengandung anak laki-laki. Berbeda dengan posisi perut saat hamil anak perempuan yang agak menaik dan membulat.

Tanda Tanda Hamil Anak Perempuan

Berbeda dengan tanda tanda hamil anak laki-laki, tentu saja ada beberapa tanda yang merupakan hamil anak perempuan. Hal ini tentu saja kebalikan dari tanda hamil anak laki-laki. Simak berikut ini tanda tanda bahwa Anda hamil anak perempuan!

Morning Sickness Lebih Parah

Jika hamil anak laki-laki mengalami morning sicknes biasa saja, berbeda halnya hamil anak perempuan yang lebih sering mengalami hal tersebut dan bahkan lebih parah gejalanya. Produksi hormon kehamilan anak perempuan memang berbeda dengan anak laki-laki.

Detak Jantung

Pada saat hamil anak laki-laki detak jantung memang di bawah angka 140 dan sedang hamil anak perempuan adalah sebaliknya yaitu diatas 140 per menit atau lebih cepat.

Posisi Perut

Untuk posisi perut lebih meninggi atau naik dan terlihat lebih membundar jika dibadingkan saat hamil anak laki laki.

Kulit Lebih Berminyak dan Muncul Jerawat

Tanda lainnya adalah kulit wajah lebih berminyak dan muncul banyak jerawat. Hal ini menandakan bahwa Anda sedang mengandung anak perempuan.

Demikian itulah mengenai beberapa tanda tanda hamil yang penting untuk dipahami dengan baik oleh masing masing ibu hamil sejak awal guna menjaga kehamilan dengan baik dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *