Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut

Memasuki awal kehamilan, ibu hamil akan mengalami banyak sekali perubahan. Hal ini terjadi seiring dengan adanya peningkatan hormon kehamilan yang melonjak. Perubahan yang terjadi tentu saja secara fisik dan psikis. Semua ibu hamil tentu saja akan mengalami semua itu dan pastinya harus lebih diperhatikan cara untuk mengatasinya agara kehamilan selalu dalam kondisi sehat.

Salah satu perubahan yang terjadi pada ibu hamil muda adalah perubahan di bagian perut. Tentunya semua ibu hamil sudah pasti mengalami perubahan fisik yang satu ini. Namun tentu saja perubahan di awal dengan usia kehamilan selanjutnya jelas berbeda. Di awal awal tentu saja ukuran perut tidak sebesar di usia kehamilan berikutnya.

Memang tidak semua wanita mengalami perubahan kehamilan perut menjadi besar. Bahkan ada sebagian wanita sedang hamil namun ukuran perutnya biasa saja dan bayi dalam kandungan juga sama normalnya. Tentu dalam hal ini semua wanita memiliki strtuktur rahim yang unik sehingga kehamilan yang tampak berbeda-beda.

 

Bagaimana Tanda-tanda Hamil Muda Pada Perut

Jika berbicara mengenai perubahan yang terjadi saat hamil muda pada perut tentu saja ada berbagai perubahan yang terjadi. Terkait ukuran sudah pasti akan berubah seiring dengan usia kehamilan tersebut. Dalam setiap tahapnya ukuran perut wanita hamil tentu berbeda. Lalu, bagaimana tanda-tanda hamil muda pada perut?

1. Perut Terasa Kram

Kram pada perut di awal kehamilan adalah hal yang sangat lumrah sekali terjadi. Kram perut ini hampir menyerupai kram saat sedang menghadapi menstruasi. Jangan khawatir dan jika Anda ragu maka sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikan bahwa Anda sedang menjalani masa kehamilan muda.

2. Perut Bagian Kanan atau Kiri Bawah Terasa Sakit

Kemudian sakit di bagian kanan perut atau kiri bawah perut pastinya akan dialami oleh setiap wanita hamil. Ini menjadi salah satu tanda kehamilan awal yang juga jarang disadari oleh setiap wanita. Sakit perut di bagian ini karena rahim sedang mempersiapkan diri dan terjadi perubahan ukuran rahim dalam mempersiapkan tumbuh kembang janin didalamnya.

3. Perut Terasa Kembung

Ciri atau tanda selanjutnya adalah perut akan terasa sangat kembung. Bahkan Anda akan kerap mengalami sendawa. Mengapa hal ini terjadi? Tentu saja karena peningkatan hormon kehamilan menyebabkan rahim berkembang dari ukuran awal karena adanya janin yang mulai tumbuh dan hal ini mempengaruhi atau menekan bagian usus dan lambung sehingga ada gas yang tertahan dalam perut sehingga perasaan kembung dan ingin sendawa.

4. Ukuran Perut Mulai Membesar

Adapun ciri lainnya dari hamil muda pada bagian perut tentu saja perubahan ukuran perut yang secara perlahan akan membesar. Hal ini memang akan dialami oleh setiap wanita hamil muda. Perubahan ukuran perut di awal kehamilan memang belum begitu nampak namun tentu saja akan terasa berbeda dari kondisi biasanya.

Tanda tanda hamil muda pada perut memang sanagt simpel sekali. Perubahan ukuran perut akan dirasakan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan seorang wanita. Perubahan ini terjadi karena tumbuh kembang janin dalam kandungan berlangsung dan membuat ukuran rahim membesar yang memberikan pengaruh pada bagian perut. Nah, bagi Anda para wanita yang baru menjalani masa masa seperti ini sebaiknya jangan kahwatir dan harus lebih peka dengan perubahan yang terjadi untuk menjaga kehamilan Anda dengan baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *