Apakah Benar Keputihan Tanda Hamil?

Kehamilan adalah masa yang memang sangat didambakan oleh banyak pasangan suami istri yang sudah menikah. Dengan memiliki anak tentu saja menjadi salah satu pelengkap kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga. Tak jarang ketidakhadiran seorang anak menyebabkan keretakan dalam rumah tangga. Nah, saat menjalani masa awal kehamilan maka penting untuk memiliki pengetahuan seputar tanda kehamilan.

Tanda awal kehamilan memang banyak sekali dan hal ini biasanya terjadi beragam pada setiap wanita sehingga perlu pemahaman yang bagus atas hal tersebut. Misalnya saja keputihan bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Lalu keputihan seperti apa yang memang menandakan bahwa seorang wanita sedang hamil muda?

Tentunya dalam hal ini ada beberapa ciri yang menandakan bahwa seorang wanita sedang hamil muda. Tanda keputihan di awal kehamilan ini tentu saja berbeda dengan keputihan dari biasanya. Namun, harus bisa membedakan juga mana keputihan normal tanda hamil dan keputihan abnormal agar tidak keliru saat Anda mendapatkan keputihan setelah telat datang bulan.

 

Lalu Seperti Apa Keputihan Tanda Hamil?

Keputihan adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap wanita. Namun dalam hal ini ada keputihan normal dan ada juga keputihan abnormal. Dalam hal ini penting sekali untuk para wanita agar paham dengan ciri dan tanda keputihan normal dan tidak. Terlebih lagi keputihan tanda hamil harus dipahami agar tidak salah menduga saat mengalaminya.

Berbicara mengenai keputihan sebagai tanda hamil tentu saja ada beberapa gejala yang menyertainya. Gejala tersebut yaitu:

1. Warna Lendir Keruh

Salah satu yang membedakan keputihan tanda kehamilan adalah warna lendir tersebut agak keruh dan putih seperti susu. Bedanya dengan keputihan menjelang haid tentu saja berwarna bening alias tidak keruh.

2. Frekuensi Keputihan Meningkat Seiring Usia Kehamilan

Peningkatan hormon kehamilan seperti estrogen mengakibatkan stimulus atau memberikan rangsangan terhadap produksi cairan dalam vagina. Inilah yang menyebabkan wanita hamil mengalami keputihan baik itu di awal kehamilan atau kehamilan usia selanjutnya.

3. Keputihan Disertai Kram Perut

Selain mengalami keputihan, ada juga gejala lainnya yang menyertai wanita hamil muda yaitu kram pada bagian perut namun tidak terjadi mentruasi. Rasa kram perut ini terbilang normal selama rasa sakitnya tidak berlebihan dan tidak berlangsung dalam waktu yang cukup lama juga.

4. Keputihan dan Pendarahan

Seseorang di masa awal kehamilan akan mengalami pendarahan yang disertai dengan bercak darah sehingga lendir tercampur dengan darah dan warnanya berubah. Biasanya flek tersebut berwarna merah muda atau coklat. Volumenya sedikit hanya berupa flek saja yang menyertai lendir keputihan. Tidak berbau dan hal ini normal.

5. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Selain keputihan dari vagina, gejala yang menyertainya tentu saja intensitas kencing atau buang air kecil meningkat. Hal ini terjadi ada perubahan hormon dan perubahan rahim sehingga mengakibatkan intensitas kencing meningkat.

Keputihan merupakan salah satu tanda wanita menjelang kehamilan dan bahkan hal ini akan terus berlangsung hingga masa persalinan. Keputihan yang terjadi pada ibu hamil tentunya tidak berbahaya selama keputihan tersebut masih normal. Jika keputihan terjadi dalam volume tinggi atau banyak, warnanya berbeda, bau amis dan disertai gatal pada organ intim maka segera periksakan ke dokter. Namun apabila keputihan berwarna bening, tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal tentu saja hal ini masih dalam batas aman. Harus bisa membedakan keputihan tanda hamil dengan keputihan abnormal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *